img
Sharing Session #3 : " “ORGANISASI PROFESI PUSTAKAWAN DAN KERJASAMA ANTAR PERPUSTAKAAN DI TINGKAT INTERNASIONAL"

Sharing Session #3 : " “ORGANISASI PROFESI PUSTAKAWAN DAN KERJASAMA ANTAR PERPUSTAKAAN DI TINGKAT INTERNASIONAL" dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2024. Narasumber dalam kegiatan ini antara lain Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes (Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan) serta Safirotu Khoir, Ph.D (Dosen UGM) serta dimoderatori oleh Rizki Amanullah, SKM, MH (Poltekkes Yogyakarta). Pembukaan oleh Direktur Poltekkes Yogyakarta, Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes serta sambutan oleh Sekretaris Ditjen Nakes yang diwakili oleh Ketua Tim Kerja Humas, Perpustakaan dan Kerjasama Luar Negeri, Lufthans Arstipendy, S.I.Kom, M.Sc.GUH

Kerjasama perpustakaan adalah kegiatan yang dilakukan oleh dua atau lebih perpustakaan yang termotivasi dan berkomitmen untuk menggunakan sumber daya perpustakaan untuk mencapai maksud dan tujuan bersamaSaat ini Poltekkes sudah banyak yang membuka kelas Internasional dan banyak bekerjasama dengan universitas di luar negeri. Perpustakaan sebagai jantung dari Perguruan Tinggi juga perlu mengimbangi agar visi dan misi Poltekkes dapat terlaksana. Dengan dibukanya kelas internasional, maka Perpustakaan juga perlu menyediakan sumber informasi yang dibutuhkan untuk kelas internasional tersebut, akan banyak koleksi berbahasa asing.

Adanya Kerjasama antar Poltekkes dengan Universitas di luar negeri perlu juga adanya salah satu klausul dalam Kerjasama tersebut bahwa adanya kerjasama antar Perpustakaan sehingga antar Perpustakaan di Poltekkes dan Universitas di luar negeri yang bekerjasama dengan Poltekkes dapat saling berkolaborasi dalam bertukar koleksi,  mengadakan webinar bersama hingga peningkatan kompetensi Pustakawan melalui magang Pustakawan Poltekkes di Perpustakaan di Luar Negeri sehingga Pustakawan di lingkungan Poltekkes juga bisa berprestasi hingga Tingkat internasional dengan mulai membuat karya tulis berbahasa asing, mengirimkan artikel di jurnal internasional serta menjadi anggota profesi tingkat internasional serta turut mengikuti konferensi hingga Tingkat internasional.

 

Tags : RGANISASI PROFESI PUSTAKAWAN DAN KERJASAMA ANTAR PERPUSTAKAAN TINGKAT INTERNASIONAL